STRATEGI PINTAR MATEMATIKA

STRATEGI PINTAR MATEMATIKA

Pada postingan sebelumnya, saya pernah bercerita tentang ruh matematika. Bagi siapa saja yang telah menguasainya maka peluang untuk pintar matematika telah terbuka lebar, dan tinggal memasukinya saja. Setelah masuk maka akan banyak hal yang harus diperbuat supaya benar-benar mengenal matematika. Apa saja yang harus dilakukan supaya benar-benar kenal dengan matematika?


1. Kuasai materi
Ruh matematika tidak akan mendatangkan manfaat apapun apabila materi tidak bisa dikuasi dengan baik. Materi tidak bisa di pisahkan dari rumus-rumus matematika, supaya bisa menguasainya maka harus dipahami asal muasal rumus dan pada saat bagaimana rumus-rumus tersebut digunakan. Bagi mereka yang mengabaikan hal tersebut, ketika di beri contoh soal merasa faham, namun ketika di minta mengerjakan soal yang lain merasa kesulitan, seakan-akan tidak kenal sama sekali dengan soal tersebut, padahal soalnya adalah sama.

2. Kerjakan soal
Para siswa umunya akan merasa puas bila telah berhasil mengerjakan sebuah soal, meraka tidak berusaha mengerjakan kembali soal-soal tersebut, akibatnya selang beberapa waktu apabila ketemu lagi dengan soal yang sama kondisi mereka sama seperti saat awal bertemu, mereka terlalu lama merenung tentang bagaimana cara mengerjakannya, langkah pengerjaannya pun kurang efektif sehingga terlalu panjang, dan waktu yang dihabiskan terlalu banyak. Untuk menghindari hal tersebut, jangan merasa puas apabila hasil pekerjaan yang pertama dan yang berikutnya masih sama langkahnya dan sama kecepatannya. Boleh merasa puas apabila langkah pengerjaanya lebih pendek dan waktu untuk mengerjakan semakin singkat.

Siswa yang akan menghadapi ujian nasional umumnya semangat belajarnya meningkat dari hari-hari biasa. Namun kebanyak dari mereka melakukan kesalahan yang sama seperti di atas, tidak mau mengerjakan ulang soal yang pernah dikerjakan. Ada juga beberapa dari mereka yang sangat bersemangat untuk mendapatkan soal-soal ujian nasional, namun semangat itu tidak berbanding lurus dengan semangat mengerjakannya. Akibatnya waktu mereka lebih banyak dihabiskan untuk mencari soal-soal dibandingkan dengan mengerjakan soal-soal yang telah dimiliki. Apabila hal ini tidak segera dihentikan maka mereka tidak akan siap untuk menghadapi soal-soal ujian nasional, ketika tiba saatnya ujian mereka tidak bisa cepat berfikir, cepat mengerjakan dan singkat waktu yang digunakan.

Menurut saya, dalam matematika tidak ada cara cepat, cara cepat dapat diperoleh siswa dari ketekunnya berlatih mengerjakan soal. Siswa yang tekun mengerjakan suatu soal dan telah berhasil memperpendek langkah dan waktu pengerjaan soal sebenarnya mereka telah berhasil menemukan sendiri cara cepatnya. Cara cepat yang ada di buku-buku tidak akan memiliki manfaat apapun apabila para siswa hanya hafal rumusnya, tidak menguasai ruh matematika, dan tidak pernah berlatih mengerjakan soal.

3. Pantang menyerah
Kunci terakhir untuk bisa menaklukan matematika adalah semangat pantang menyerah. Selalu bersemangat untuk mengerjakan soal-soal baik yang pernah dikerjakan ataupun yang belum pernah dikerjakan. Apabila menemukan soal yang belum pernah dikerjakan dan gagal menemukan jawabannya, maka harus berusaha menemukannya dengan cara melihat model-model soal yang telah lalu dan jangan malu bertanya dengan teman atau guru. Jika masih tetap gagal, untuk sementara tinggalkan dulu soal tersebut dan beralihlah ke soal yang lain, jangan habiskan waktu yang ada hanya untuk mencari jawaban satu soal, pada masih banyak soal-soal lain yang harus di kerjakan.

Inilah sekelumit hasil pengamatan saya terhadap diri saya pribadi pada saat dulu sekolah atapun para siswa saya. Harapan saya hanya satu, yaitu mengkikis anggapan orang-orang bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit untuk dipelajari. Apabila ada yang kurang sependapat silahkan beri komentar.

4. Yang terakhir ne Paling manjur,,,
Dengan Cara nyontek,,,hahahahahahahaha,,,

1 komentar:

v-3 mengatakan...

Thnx

Posting Komentar

Terima kasih anda telah berkunjung diblog saya,,,!!!
Jangan lupa comment ya,,,!!!! U Comment I Follow!!!
comment anda sangat berarti buat kemajuan blog saya,,
Blog ini DoFollow