HTML, CSS dan PHP


HTML Sebagai Dasar Pembangun Web

Pada dasarnya HTML adalah semacam standar yang digunakan dalam dunia web. HTML bersifat flexibel, artinya HTML juga dapat disisipi kode-kode script seperti JavaScript, VBScript, dan juga bahasa pemrograman berbasis web seperti PHP dan ASP. Animasi seperti Flash serta beberapa jenis file grafis dan multimedia juga dapat disisipkan dan ditampilkan melalui HTML. Fleksibilitas HTML dan daya dukungnya ini meningkatkan daya guna dan menjadikannya sebagai bahasa kode yang "dinamis".

HTML ( HyperText Markup Language ) dikenal sebagai bahasa kode berbasis text untuk membuat halaman web. Keberadaannya dikenali dengan adanya ekstensi *.htm atau *.html misalnya index.htm. Sementara web sendiri sebenarnya berasal dari kara World Wide Web, salah satu layanan global yang diperuntukkan bagi semua pengguna internet.

World Wide Web dikembangkan oleh W3C ( World Wide Web Consortium ) yang merupakan badan resmi dalam membuat standar web. W3C ( http://www.w3c.org ) yang didirikan pada tahun 1994 ini juga menjadi standar acuan dalam aturan spesifikasi, guide line, software, dan tool yang dibuat di seluruh dunia.

Untuk membuat file HTML, anda dapat menggunakan software editor seperti Dreamweaver yang dapat di download disini . Sebenarnya, notepad atau wordpad sudah cukup apabila ingin membuat sebuah file HTML sederhana atau ingin mendalami bahasa kode HTML.


File HTML sebenarnya terdiri dari tag atau element sederhana berikut ini :

<html>

<head>

<title>Teks ini dapat ditampilkan di bagian caption jendela browser anda</title>

</head>

<body>

<h2>Letakkan judul anda disini</h2>

Isi file HTML anda disini.<br/> Teks ini berganti baris.

<!-Ini adalah komentar, tidak akan ditampilkan dilayar -- >

</body>

</html>

Contoh diatas menunjukkan cara penggunaan tag <h2> ....</h2> yang akan mengubah ukuran font ( tipe huruf ) yang mana tag ini bisa digunakan untuk menulis judul. Contoh tag kedua adalah <br /> yang digunakan apabila anda ingin meletakkan baris teks berikutnya terpisah dari baris teks sebelumnya.

Salah satu hal terpenting untuk mempelajari HTML adalah mengenal dan menguasai penggunaan tag-tag HTML dan dukungan browser terhadap tag-tag tersebut. Anda dapat mengunjungi http://www.w3schools.com
untuk mendapat informasi kebih lengkap mengenai tag-tag HTML dan dukungan browser.


 

Sekilas Tentang CSS

CSS ( Cascade Style Sheet ) adalah sebuah fitur yang diperkenalkan sejak HTML versi 4.0 dan berfungsi untuk menangani masalah tampilan pada HTML seperti jenis, ukuran, dan warna font, posisi teks, batas tulisan, warna background, dll.

Dari sisi manajemen dan perawatan, pengguna CSS dipandang lenih praktis karena para web developer tidak perlu mambuka file dalam setiap situs untuk melakukan perubahan. Sebagai contoh, katakanlah dalam sebuah situs digunakan font berjenis Arial. Suatu saat pihak perusahaan atau pemilik situ berganti selera dan menginginkan font diubah menjadi font Tahoma dengan ukuran 10px. Jika situs itu hanya terdiri atas beberapa lembar halaman web, hal itu tentu tidak jadi masalah. Tetapi jika situs itu memiliki ratusan halaman sehingga harus mengubah jenis font dan ukuran dengan membuka dan mengedit halaman satu per satu? Untuk itulah CSS hadiruntuk anda.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah cara meletakkan CSS dan juga bahasa berbasis web lain untuk memudahkan manajemen file editing dan maintenance. Banyak diantara programmer web yang belum menyadari aspek-aspek penting ini menyisipkan CSS, JavaScript, VBScript, PHP maupun ASP langsung kedalam dokumen HTML (embedded script).

1 komentar:

pulsa elektrik termurah mengatakan...

DUlu kirain html itu susah, ternyata mudah. Sekarang main di PHP agak sedikit lebih sulit awalnya :D

Posting Komentar

Terima kasih anda telah berkunjung diblog saya,,,!!!
Jangan lupa comment ya,,,!!!! U Comment I Follow!!!
comment anda sangat berarti buat kemajuan blog saya,,
Blog ini DoFollow