Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional

Hallo sobat blogger,,kali ini saya ingin membahas tentang INOVASI ANAK BANGSA Menuju Kemandirian.  

Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkembangan teknologi informasi memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini , seperti e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika. Contohnya Web Compfest 2011
Dengan adanya Compfest 2011 ini kita dapat mengetahui informasi seperti Programming Competition, Blogging Competition, dll

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.Perkembangan Teknologi Informasi macu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan eseperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Sekarang banyak Anak-anak indonesia yang berhasil menciptakan suatu karya sendiri seperti contoh Arrival Dwi Sentosa Pembuat Anti Virus ARTAV. Sebuah prestasi yang luar biasa dari seorang bocah bernama Arrival Dwi Sentosa yang baru  berusia 12 tahun dan masih duduk di bangku SMP kelas 2 ini berhasil membuat sebuah Anti Virus yang diberi nama ARTAV. Berkat prestasi itu, dia berhasil menyabet berbagai penghargaan dari berbagai pelombaan, selanjutnya adalah mahasiswa asal UGM dan ITB yang mengikuti Kompetisi Internasional 2011 Trinity Collage Fire Fighting Home Robot Contest and RoboWaiter yang di selenggarakan di Trinity Collage, Hartford, Connecticut, AS, (9-10/4) lalu. Tim UGM diwakili oleh Farid Inawan, Noer Aziz Ismail, Wahyu Wijayanto dan Luiz Rizki Ramelan. Mereka mengikutsertakan 2 buah robot beroda berhasil meraih juara I dan II dalam kategori Senior Division.
Sementara itu, tim ITB diwakili Syawaludin Rachmatullah, Ashlih Dameitri, Samratul Fuady dan Dody Suhendra. Mereka juga mengikutsertakan 2 buah robot berkaki berhasil meraih juara I dan II dalam kategori Walking Division. Tentu saja Semua Inovasi-inovasi itu tidaklah mudah dan perlu pemikiran dan semangat ekstra. Kita semua bangga karena anak-anak indonesia bisa mempunyai Inovasi yang dapat di banggakan oleh Indonesia.

Ajang kompetisi internasional ini sendiri sudah diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya sejak tahun 1994 dan diikuti siswa-siswa dari berbagai jenjang pendidikan. Untuk tahun ini, kompetisi diikuti oleh 7 negara, yaitu Indonesia, Amerika, China, Portugal, Israel, Kanada dan Meksiko.

Itu tadi adalah 2 dari ratusan contoh bahwa Anak Indonesia bisa bangkit dan menjadi terdepan asalkan kita ada niat.  Ayo kita tunjukkan Karya Anak Bangsa Menuju Kemandirian Nasional.

Selain dukungan tentu  saja perlu wadah untuk kita menyalurkan Inovasi-inovasinya salah satunya adalah COMPFEST 2011 yang merupakan sabuah One Stop IT Event karya mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Dalam acara tersebut diadakan berbagai macam kompetisi, workshop, seminar, entertainment dan exhibition.
Computer Festifal ( COMPFEST 2011 ) akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Juni 2011 di SMESCO  Indonesia Jalan Gatot Soebroto, Jakarta. Beberapa kategori kompetisinya antara lain :
  1. Programming Competition. Informasi lebih lanjut silahkan berkunjung disini.
  2. Blogging Competition. Informasi lebih lanjut silahkan berkunjung disini.
  3. Game Design Competition. Informasi lebih lanjut silahkan berkunjung disini  
  4. Robotic Competition. Informasi lebih lanjut silahkan berkunjung disini.

Selain kompetisi juga ada acara lainnya yang akan diselenggarakan dalam acara COMPFEST 2011 adalah :
1. Seminar. Informasi lebih lanjut silahkan cek disini.
2. Workshop. Informasi lebih lanjut silahkan cek disini.
3. Exhibition. Informasi lebih lanjut silahkan cek disini.
4. Entertainment.
Semoga dengan adanya acara COMPFEST 2011 ini dapat memotivasi anak bangsa untuk terus mengembangkan inovasi-inovasinya sehingga dapat menghasilkan karya yang berguna bagi nusa dan bangsa. Dan diharapkan semakin banyak lagi acara acara serupa sehingga karya-karya anak bangsa akan terus bermunculan. Mari kita tunjukan kepada dunia internasional bahwa inovasi karya anak bangsa dapat membangkitkan kemandirian Nasional.
Referensi : COMPFEST 2011

Blogging Competition Compfest 2011



     

     

    7 komentar:

    Anonim mengatakan...

    semoga berhasil,,,lanjutkan!!!!!

    d2a.net mengatakan...

    OK tingkatkan,,,semoga sukses!!!!!!

    Yoez MrNox mengatakan...

    fery cool post, nice gan...

    Anonim mengatakan...

    Tetap semangat gan,,,

    Chundra mengatakan...

    mantap,,,lanjutkan,,,

    Anonim mengatakan...

    merdeka

    andicxcools mengatakan...

    Nice Post,, Slalu Kunjungi my Blog yah kawan, di http://andicxcools.blogspot.com . Bagi yang dah kunjung Follow me yah,

    Posting Komentar

    Terima kasih anda telah berkunjung diblog saya,,,!!!
    Jangan lupa comment ya,,,!!!! U Comment I Follow!!!
    comment anda sangat berarti buat kemajuan blog saya,,
    Blog ini DoFollow