Mengenal PHP dan MySQL

Saat ini perkembangan dunia web kian marak sob,,,dan gak dapat dipisahkan dari popularitas PHP dan database pendukungnya yaitu My SQL. PHP dan MySQL telah menjadi satu pilihan dalam membangun web. Sifatnya yang open source dan freeware banyak diminati oleh para programmer web.

PHP maupun MySQL boleh dikembangkan oleh siapa saja dan bebas digunakan atau didistribusikan, termasuk juga beberapa tool pendukungnya seperti phpMyAdmin dan MySQL GUI Tools. Akan tetapi, sifat yang free bukan berarti tanpa prosedur. Tata cara pengembangan, pemakaian, dan distribusi diatur dalam GNU ( General Public License ) http://www.fsf.org/license/.

Berawal dari kebutuhan masyarakat akan sebuah aplikasi web yang dinamis dan tidak hanya tergantung sepenuhnya pada HTML yang bersifat statis, Rasmus Ledorf pada tahun 1995 menciptakan sebuah tool menggunakan bahasa C agar bisa memonitor pengunjung yang datang kesitusnya. Tool ini dinamakan Personal Home Page yang kemudian dikenal dengan PHP.


Rusmus melepas tool ini sebagai open source dan membuat para perancang web merasa tertarik untuk mengembangkannya, diantaranya adalah Agus Gutsman dan Zeev Suraski. Selanjutnya, dua perancang web ini tidak bisa melepaskan jasa-jasanya dari sejarah perkembangan PHP.

PHP mulai mengambil perhatian masyarakat web sebagai salah satu perangkat lunak yang dapat diandalkan mulai tahun 2003 dengan dirilisnya PHP versi 4.0. Saat ini PHP telah melaju jauh dengan versi 5 dan mulai meninggalkan dukungan untuk versi 4 karena beberapa masalah keamanan dan juga kelemahan-kelamahan lain.



Sebagai sebuah web programming, PHP membutuhkan sarana berupa web server untuk menunjang pengoprasiannya. Apache merupakan web server paling populer dan biasa digunakan untuk PHP tanpa perlu membayar lisensi. Meskipun bersifat free of charge, apache memiliki kemampuan yang dapat diandalkan, selain apache juga dapat menggunakan web server lainnya seperti PWS/IISbuatan microsoft yang bisa dipakai untuk ASP, Qitami, SunOne, Zeus, dll.

Bagi sobat blogger yang masih pemula dalam hal PHP, mungkin proses penginstalan Apache, PHP, dan MySQL cukup merepotkan. Ada beberapa paket distribusi yang bisa digunakan apabila Anda ingin mempersingkat waktu dan tidak ingin direpotkan oleh proses penginstalan dan konfigurasi. Paket-paket itu diantaranya adalah phptriad yang bisa di- download dari http://www.phpgeek.com atau http://sourceforge.net/project/phptriad, phpdev dari http://www.firepages.com.au/devindex.html, easyphp dari http://www.download.com, appserv dari http://prdownload.sourceforge.net/appserv, XAMPP dari http://sourceforge.net/projects/xampp/
dan WAMP dari http://www.wampserver.com/en/download.php
.

Sebagai informasi tambahan, WAMP merupakan singkatan dari Windows-Apache-MySQL-PHP dan merupakan paket distribusi untuk platform Windows. Selain WAMP juga terdapat distribusi untuk versi Linux yaitu LAMP ( Linux-Apache-MySQL-PHP). Masing –masing distribusi ini menyediakan tiga komponen utama sebagai web server, PHP untuk web programming, MySQL untuk database dan dilengkapi dengan tool-tool pendukung yang beragam.


Selain komponen-komponen diatas, Anda juga membutuhkan sedikitnya satu browser yang terinstal di OS yaitu Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape Navigator, Opera, Google Chrome. Silahkan anda cari sendiri salah satu software browser ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah berkunjung diblog saya,,,!!!
Jangan lupa comment ya,,,!!!! U Comment I Follow!!!
comment anda sangat berarti buat kemajuan blog saya,,
Blog ini DoFollow