Apa Itu Domain, Hosting, Web ?

Apa Itu Domain, Hosting, Web ?

Jika anda seseorang yang ingin mempunyai sebuah situs internet, katakanlah anda ingin membuat situs porno atau tidak bermoral . Anda dipastikan akan berhadapan dengan istilah domain, web, hosting, cpanel, network server dan lain lain yang semakin membuat anda bingung. Semua itu harus anda pelajari satu-satu tanpa terkecuali. Mau tidak mau anda diwajibkan untuk menelan semua itu dengan bulat-bulat. Hanya niat dan keinginan belajar anda lah yang akan menentukan keberhasilan anda dalam membuat web, baik untuk digunakan sesuai keinginan anda atau atau bisa mengorder sehingga menghasilkan uang.
Domain
Domain adalah alamat sebuah web site seperti yang nama domain web ini yohan-enterprise.com, atau warungplus.com, detik.com, vivanews.com, facebook.com, yahoo.co.id, egmca.net, dan lain lain. secara generik domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama Domain akan memberikan kemudahan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomor internet protokol. Setiap domain selalu mengindikasikan nomer IP.
Web
Website atau web adalah merupakan halaman sebuah situs yang bisa diakses secara umum maupun kalangan tertentu, web site inilah di mana kita menaruh informasi tertentu, baik berupa gambar bergerak/animasi atau gambar diam, teks tertentu, dan pernak pernik lainnya baik berupa video, suara yang dikombinasikan sehingga menjadi sebuah halaman, dan dapat saling berhubungan dengan halaman lain yang dihubungkan dengan link, dan web hanya bisa diakses lewat browser. Web ada yang bersifat dimanis dan statis, website dinamis adalah website yang isinya berubah sangat cepat, contoh website yang dinamis adalah seperti facebook.com, friendster.com, multiply.com dan lain lain, sedang websiite statis adalah website yang jarang berubah, seperti website perusahaan, bank, kantor pemerintah, perubahan pada halaman mereka tidak secepat website lain, bahkan website setatis jarang diupdate, bahkan saya juga berharap semoga web ini tidak digolongkan sebagai web statis, kasiman yak
Web Hosting
Web hosting adalah merupakan layanan tempat sewa menyewa sebuah space dalam komputer server yang digunakan untuk menaruh sebuah web, dalam penyewaan ini ada perjanjian yang mengikat, seperti space yang disewa, bandwidth, layanan support dan lain sebagainya. untuk mengendalikan sebuah web di sebuah hosting dibutuhkan semacam panel yang disebut dengan Cpanel, ispcp omega dan lain lain yang disesuaikan dengan yang dipakai oleh layanan hosting.
Bandwidht
Dalam penyewaan sebuah hosting biasanya layanan memberikan kapasitas bandwidth, artinya kita dibatasi dalam satuan tertentu, bandwidth disini artinya jumlah data yang didownload dan diupload, perlu anda ketahui bahwa inernet adalah suatu aktifitas download dan upload, sekian data kita download lewat web browser maka ada data yang diupload, saya analogikan sebuah motor yang mengangkut barang 100 kg sedang berat motor 20 kg, jika hendak mengakses suatu web anda akan mengirimkan permintaan ke web bersangkutan, web bersangkutan akan mengirimkan barang berupa gambar, data, teks, animasi dan lain lain yang diangkut oleh motor tersebut, setelah data terkirimkan ke web browser anda, motor tersebut tidak membawa apa-apa lagi dan kembali lapor, biaya beban 20 kg dari motor tersebut disebut sebagai upload, aktifitas tersebut dilakukan terus menerus sampai anda berhenti mengakses web tersebut. Jadi badwidth adalah jumlah data bolak balik dalam satuan kb pada suatu atktifitas mengakses sebuah web.
Cpanel
Cpanel adalah merupakan salah satu layanan dalam membuat web, untuk bisa mengakses sebuah cpanel anda harus menyewa sebuah hosting, namun anda dapat pula secara gratis dengan layanan yang seadanya, tetapi anda tidak akan mendapatkan layanan seperti yang berbayar. Fungsi cpanel adalah memanage web, baik dari segi data, gambar, teks, animasi dan lain lain, dengan cpanel anda bisa menambah subdomain, alias domain dan lain lain. Cpanel merupakan layanan yang lebih gampang dibanding yang lain, karena cpanel banyak diadaptasi oleh berbagai layanan hosting.
CMS ( Content Management System )
CMS merupakan Web 2.0, sekarang ini untuk membuat web anda tidak perlu bisa mengerti sebuah program seribet Microsoft Frontpage, Dreamweaver, PHP, SQL dan lain lain yang hanya membuat rambut kepala anda ubanan atau rontok. Dengan CMS ini anda akan memanage sebuah web seperti halnya membuat blog, anda tidak perlu pusing memikirkan rumus tertentu seperti bahasa script html yang membingungkan. Dengan CMS anda akan terbantu sekali dalam membuat web dalam hitungan menit, sudah bukan dalam hitungan hari atau mingguan seperti anda memakai program Dreamweaver. Contoh CMS yang paling gampang adalah Wordpress.org. Mohon anda bisa membedakan antara wordpress.com dengan wordpress.org. Wordpress.com adalah merupakan layanan blog gratis, anda bisa mendaftarkan gratis di wordpress.com, misal nama anda panjul, maka anda bisa mendaftarkan nama anda menjadi http://chaky.wordpress.com. Domain tersebut memang menjadi milik anda, dan tetap ada embel-embel wordpress.com serta tidak bisa dihapus karena itu merupakan subdomain dari wordpress.com. Sedangkan wordpress.org adalah layanan mesin wordpress gratis. artinya anda dapat memakai mesin wordpress dan dipakai untuk domain tersendiri dan terpisah dari wordpress. Mesin ini hanya bisa dipakai jika anda mendownloadnya, dan anda membutuhkan layanan hosting untuk menaruh mesin tersebut, namun anda bisa menjalankan mesin tersebut lewat komputer yang tidak terhubung ke internet. Selain wordpress.org masih ada layanan CMS lain seperti joomla, drupal, ecommerce dan lain lain, ada yang gratis ada yang tidak.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah berkunjung diblog saya,,,!!!
Jangan lupa comment ya,,,!!!! U Comment I Follow!!!
comment anda sangat berarti buat kemajuan blog saya,,
Blog ini DoFollow