Core i7 Generasi Penerus Prosesor Intel


Core i7 Generasi Penerus Prosesor Intel

Intel menghadirkan prosesor jajarannya yang terbaru, Intel core i7 hadir dengan arsitekstur baru, di mana core i7 ini telah diperkecil dengan tekhnik produksi 45 nm (dari code Penryn). Core i7 mengusung code name Nehalem. Dimana dengana adanya teknologi ini dapat mengoptimalkan kinerja, performance, dan menekan daya konsumsi listrik sesuai dengan motto “Green Power Computing”.


Prosesor ini tidak menggunakan LGA 775 tetapi LGA 1366, jadi intel core i7 tidak akan berjalan pada motherboard lawas, jadi upgrade tidak hanya prosesor, tetapi motherboard dan kemungkinan juga dengan memori, sekarang motherboard yang ada masih mempunyai pilihan untuk DDR2 dan DDR3, ini menimbulkan pertanyaan bagi konsumen dengan adanya prosesor ini harus memikirkan untuk membeli motherboard yang harganya masih mahal dibanding dengan motherboard lawas yang mengusung LGA 775.
Mari kita simak apa saja jeroan dari prosesor Intel Core i7 ini.
Intel core i7 tidak lagi menggunakan FSB, Front Side, kita mengenal hukum FSB, bahkan suatu prosesor akan dihitung dengan FSB dikalikan multipier = clock prosesor. Di mana fungsi FSB adalah jalur penghubung antara CPU dan chipset, untuk itu maka core i7 menggunakan QPI alias Quick Patch Interconnect. Sejak jaman sebelum core i7 FSB masih bisa mencukupi kebutuhan bandwidth namun dalam perkembangannya FSB semakin tak mencukupi maka diperlukan lompatan teknologi untuk menggantikan FSB ini, dengan adanya QPI ini maka menawarkan sebuah koneksi bidirekdisional, dengan lebar pita 20 Bit, kecepatan ini mampu mengalirkan data sebanyak maksimal 25,6 GByte/detik. Kecepatan ini jika dibandingkan dengan FSB akan menjadi 2 kali lipatnya dengan Clock FSB 1.600 MHz, cuma agak heran karena Intel seperti menganut HyperTransportnya AMD, dimana menanamkan controler memori di dalam prosesor intel core i7 ini. Dengan menanamkan memori controller ini maka akan menyediakan koneksi 3 memori chanel, untuk mencapai performa tinggi dan penuh Intel menyediakan 3 slot memori dengan kapasitas 3,6 dan 12 GB. Sayangnya dalam versi core i7 ekonomis tetap menggunakan dual channel. Dalam teknologi duo core, prosesor duo core ini memiliki desain dan struktur cache yang memiliki kelemahan, dua core sekaligus mengakses L2 cache secara share hingga 6 MB, pertukaran data antara duo core ini memang lebih cepat namun komunikasi antara keempat core menjadi buruk karena lewat FSB yang lambat, Core i7 mengusung L2 cache dibagi pada tiap core menjadi lebih kecil 256 kByte per core dan kecepatannya bertambah sekitar 50 %. untuk itu ditambahkan sebuah shared L3 cache sebesar 4 Mb pada dual core atau 8 MB pada Quad core.

Jaman Pentium 4 kita mengenal HT ( Hyperthreading ), teknologi ini tidak dipakai dalam generasi Dual Core, Core 2 Duo, Quad Core, namun dalam generasi Core i7 ini dihidupkan kembali dengan Simultan Multi Threading dengan asumsi bahwa prosesor ini dalam satu core mampu mengolah dua thread sekaligus, di mana prosesor ini terdapat 4 core fisik jika digabung dengan HT maka akan menjadi 8 CPU, 4 fisik dan 4 virtual.
Core i7 juga mempunyai teknologi Turbo Mode, dengan adanya turbo mode ini kinerja prosesor agar menyesuaikan diri dengan apa yang dikerjakan, jika melakukan kerja prosesing berat maka prosesor akan mengoverclock core, jika core lainya mengalami minim beban akan dimaksimalkan. Prosesor ini mampu mengalihkan setiap core dalam operating mode dan clock rate yang berbeda-beda.
Untuk menjalankan prosesor kelas core i7 dibutuhkan motherboard yang mendukung chipset X58, motherboard ini sudah mulai membanjiri pasaran walau harga masih mahal. Harga terendah untuk motherboard yang mengusung chipset X58 ini paling murah masih pada kisaran $250, jika dikalkulasi harga sebuah sistem yang menggunakan prosesor jenis core i7 ini bisa anda bayangkan sendiri, harga prosesor core i7 saja masih dalam kisaran diatas 3 juta rupiah, itu belum ditambah dengan memori DDR3 jika ingin optimal menggunakan sistem berbasis core i7. Harga memori DDR saja masih tinggi, apalagi penggunaannya sampai 3 buah agar mendukung tripel channel. Setidaknya memori yang baik kisaran harga sejuta per kepingnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah berkunjung diblog saya,,,!!!
Jangan lupa comment ya,,,!!!! U Comment I Follow!!!
comment anda sangat berarti buat kemajuan blog saya,,
Blog ini DoFollow