Chipset

Tentang Chipset

Pembahasan chipset saya sendirikan karena pembahasan ini cukup penting dalam pemilihan sebuah komputer, jika dari sekian hardware komputer apa sih yang paling terpenting ? jawabnya chipset .. apa itu chipset ? chipset adalah sebuah chip yang ditanam di sebuah motherboard yang bertugas mengatur lalu lintas data, ibarat polisi lalu lintas atau mandor lapangan, di sini dibutuhkan komandan yang mampu mengurusi proses komputer secara keseluruhan. Di mana sih kita bisa melihat chipset tersebut ?

bagan
Lihatlah tanda panah itu ! itulah yang dinamakan chipset, chipset sendiri yang berada di motherboard tersebut ditutup dengan heat sink untuk membuang panas, chipset ini tugasnya mengatur kerja prosesor, RAM/ Memori dan VGA. Chipset secara tekhnis sebenernya dibagi dua yaitu chipset northbridge dan chipset southbridge, chipset southbridge seperti yang saya kasih kotak. Tetapi secara ringkas dalam istilah penamaan umum yang disebut dengan chipset adalah chipset northbridge yang ada tanda panahnya itu, dan secara ringkas pula disebut dengan istilah satu kata saja : chipset ! jadi kalo ada orang nyebut chipset ya chipset northbridge, sedang chipset southtbridge jarang dibahas karena tidak berpengaruh secara langsung kinerja komputer, karena chipset southbridge itu membahas peripheral tambahan seperti soundcard, modem dll, yang dianggap bukan peripheral wajib pasang. Sedang chipset nortbridge adalah mengatur peripheral wajib pasang, salah satu tidak dipasang komputer tidak bakalan bisa bekerja. Chipset sendiri di keluarga Intel Pentium merupakan suatu pilihan untuk memilih motherboard, kita bisa memilih motherboard berdasarkan chipset-chipset tertentu. Chipset keluaran Intel dijual kepada pabrikan motherboard dan pabrikan motherboard tersebut memasang ke motherboard, jadi kita tidak bisa beli chipset secara potongan. Kita harus membeli motherboard tersebut dan memilih jenis chipsetnya.
Chipset biasanya diberi nama dengan codename seperti chipset intel 865 dengan nama Springdale, intel 875 Canterwood, intel 915 Grantsdale, intel 925 Alderwood, dan lain lain
type
Contoh motherboard dengan chipset dan merknya
ECS 865PE-A
Ini adalah motherboard merk ECS yang mengusung chipset i865 bahasa tekhnisnya dengan istilah springdale
ecs865
Asus P4800SE
asus
Begitu sangat pentingnya sebuah chipset sehingga orang selalu mengacu chipset sebagai bahan pilihan sebuah motherboard, karena fungsi chipset di sini sangat penting sekali, orang memilih hardware karena berdasarkan kemampuan sebuah chipset menangani lalu lintas data. Berikut alur data sebuah chipset jika secara kronologis dilogikakan.
roadmap
yonnah
Chipset menjadi tolok ukur sebuah komputer, sehebat-hebatnya sebuah komputer jika motherboard memgusung sebuah chipset yang tidak mumpuni akan luruh dengan sendirinya. Anda boleh mempunyai prosesor tercepat saat ini namun jika menggunakan chipset lawas anda tidak akan dapat menggunakan komputer tersebut sampai batas maksimal. Dan tentu saja hal ini akan menjadi sebuah kecelakaan jika anda bukan orang komputer dan pembelian komputer anda hanya berdasarkan harga.
Chipset tidak hanya dari intel, ada chipset lain seperti Nforce untuk motherboard AMD, ada juga dari Via, Sis dan lain sebagainya. Namun bagi banyak kalangan orang yang menggemari prosesor Intel, chipset bikinan intel menjadi pilihan utama. Namun jangan salah pilih sebuah chipset seri tertentu masih dibagi lagi, ada chipset yang khusus memanage vga onboard dengan nama serie tertentu. Hal ini dapat anda tanyakan pada toko komputer ketika anda membeli komputer, saya yakin pihak toko pasti akan senang hati menerangkan, namun lebih baik mengajak orang yang mengerti komputer untuk membantu, jika perlu ajak sekalian untuk membantu membeli komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda telah berkunjung diblog saya,,,!!!
Jangan lupa comment ya,,,!!!! U Comment I Follow!!!
comment anda sangat berarti buat kemajuan blog saya,,
Blog ini DoFollow